Didikan Orangtua

Tadi sekitar setengah jam yang lalu saya terpaksa bangun buat ngunci pintu karena Kakak mau pergi kuliah. Di lantai halaman rumah ada banyak batu berserakkan. Lalu kata Kakak "De, kayanya ada yang nimpukkin Ciko (Nona besar penjaga rumah, berbulu putih kupingnya cokelat) deh!", trus saya mikir jangan-jangan semalem ada pencuri yang mau masuk, tapi karena takut sama nona besar, jadi dia ditimpukkin dulu. Trus saya ngecek kelengkapan n kejanggalan di halaman, and I found nothing.

Lalu Kakak pergi ke kampus "Dadah, De!"... "Dah, Kakak!". Hehe. Trus ada dua anak kecil tetangga (tetangga 1 kompleks, bukan tetangga bener2 sebelahan) yang dateng dan bilang "Ih, ada guk-guk", trus saya bilang (pura-puranya Nona Ciko yang bilang) "Hallo, nama saya Ciko!". Niatnya sih mau ramah, trus anak kecilnya gangguin Ciko "Guk... guk... Batu-batu", dan dia pergi nyari batu di seberang jalan. Trus saya bilang "Jangan... Ntar digigit lho!", dan ibunya dateng dan cuma bisa ngikutin apa kata saya "Jangan Michael (mungkin), tuh ntar digigit lho!". Dan pikiran saya "Jadi dari tadi elu sebagai emak ngapain aja???!, ngebiarin aja gitu anaknya bandel?!".

Banyak tu orangtua di Indonesia yang lembeeek banget sama anaknya. Dan buat sebagian besar orang Indonesia didikan seperti itu seakan-akan dibenarkan. Contohnya, film model "Pintu Hidayah", "Ku Sebut Nama-Mu", segala macem, anaknya bandel terus ibu ato bapaknya nangis-nagis dan cuma sanggup bilang "Astafirughlah", jadi ngebuat penonton berpendapat kalo anaknya jahat banget sampe-sampe orangtuanya nangis-nangis. Iiih, saya gemes banget kalo nonton kaya gitu, saya sih lebih ngebelain anaknya. Yah, salah lu sendiri, waktu kecil lu didik anak lu kaya gimana?! Makanya jadi orangtua punya wibawa kek, buat didik anaknya, jangan cuma jadi pelayan anaknya. Terus pas anak lu jadi orang jahat, lu cuma bisa nangis. Seolah-olah itu full salah anak lu, y iyalah kalo dia sampe terpengaruh lingkungannya yang g bener, soalnya lu g tanemin basic yang kuat waktu dia kecil.

Suka g ngerti saya sama jalan pikiran orangtua macam itu, kaya ibu tetangga tadi yang ngikut aja gitu sama anaknya yang kayanya masih balita dan udah keliatan bibit bandelnya, trus negornya juga lembek banget. Brrr... Harus sering nonton Nanny 911 kali y dia, supaya ngerti dikit. Hehe.

Saya sangat bersyukur mendapat didikan yang cukup keras waktu kecil, dan tidak dimanja. Walaupun waktu kecil jadi sering nangis, ngambek, dan sebel sama orangtua karena kalo salah dikit langsung dihukum. Saya inget banget tuh, waktu kecil lagi asik-asik main di kolam ikan, dari ruang makan Mama panggil untuk makan, tapi saya sama kakak saya yang cowok cuma bilang iya sebentar lagi dan terus asik main, berapa lama kami belom bergerak juga Mama langsung samperin ke kolam ikan, dan lempar semua mainan kami ke tanah kosong di belakang rumah. Haha. Akhirnya, saya makan sambil nangis-nangis, dan sorenya pergi cari mainan dan yang ketemu cuma dikit, soalnya ketutupan ilalang. Haha. Baru deh pas udah mulai dewasa baru ngerti.

Segini aja, niatnya sih pengen menyuarakan buat kita-kita yang belom jadi orangtua, kelak kita harus nanemin basic yang kuat buat anak kita nanti, dengan cara didikan masing-masing keluarga. Kita udah dicontohin waktu kecil cara mendidiknya, tinggal kita praktekkin dan menyempurnakan kurikulum tersebut. y kn? Karena didikan keluarga, terutama orangtua tuh penting banget, soalnya anak belajar bermasyarakat pertamanya kan dari keluarga. Tergantung keluarganya nanemin basicnya kuat ato g buat bekal anak itu belajar bermasyarakat lebih luas lagi.

God bless u and be blessing for many people!
Hormat saya,
Gabriel Latupeirissa

Komentar

Aji mengatakan…
Gary, wow...I am so amazed dengan cara berpikir kamu. Yes, I am so very proud of you. Memang, waktu kecil kita sering pikir ortu engga bijak dgn hukuman2nya tapi ternayat memeng berguna banget untuk kontrol diri kita. I love your blog...terus berkarya yah anak aniku...I am excited to read it. Love you and God bless you.
Aji mengatakan…
Gary...wow...I am amazed dengan cara berpikir kamu. I am soo praoud of you. Yes, I am glad that you understood the power of disciplining. Waktu kecil rasanya seperti "harsh"...tapi setelah dewasa, kita tahu semua itu utk kontrol diri. Puji Tuhan untuk orang tua kita yah Gar. Terus berkarya dalam menulis yah gar, I am so certain that you have already blessed somebody with this writing. I am soo proud of you. Love you and God bless you.
Unknown mengatakan…
wah de..pengalaman masa kecil aku juga neh..:)
GBU dede.