Iklan Produk Pemutih Kulit

Tau kan ada satu produk pemutih kulit yang iklannya sok-sok wawancara selebritis, ekspatriat, sama make up artist yang intinya mereka bilang "wanita cantik itu yang kulitnya putih, bersih".

Ini sih cuma pendapat saya aja ya. Saya sih g setuju sama iklan-iklan produk pemutih kulit yang membanding-bandingkan antara wanita berkulit putih dan berkulit hitam. Mereka sangat menjatuhkan wanita berkulit hitam, seolah-olah wanita yang jelek itu yang berkulit hitam. Dan wanita cantik itu identik dengan kulit putih.

Kalo wanita cantik itu wanita yang berkulit bersih sih saya sangat setuju, karena setiap wanita bisa merawat kulitnya. Nah, kalo wanita cantik itu wanita yang berkulit putih?! Emang setiap wanita bisa mutihin kulitnya?! Kalo udah diciptain kulitnya hitam, mau jadi apa?! Saya g tau gimana cara nulisnya. hehe. Istilahnya kalo kulit bersih y itu tergantung manusia-nya, tapi kalo kulit hitam kan tergantung Tuhan mau ciptainnya kaya gimana. Berarti iklan-iklan tersebut sama aja membeda-bedakan ciptaan Tuhan dong. Kata orang semua ciptaan Tuhan derajatnya sama, mungkin selama ini kita fokus ke isu perbedaan derajat golongan orang kaya dan miskin, tapi ada juga yang harus diwaspadai. Berarti iklan-iklan ini kan mendukung isu perbedaan itu.

Saya pernah baca di satu koran pas lagi di perpustakaan sekolah kurang lebih dua tahun lalu, saya dapet inspirasi nulis ini dari rubrik Surat Pembaca di koran itu, yang ngirim ibu-ibu. Nah ibu-ibunya bilang setau dia di Amerika aja iklan produk pemutih kulitnya g nyinggung-nyinggung soal perbedaan warna kulit lho, padahal kita sama-sama tau Amerika sangat gimana gitu sama isu perbedaan warna kulit. Masa Indonesia yang asik-asik aja, harus dibuat gimana gitu. Aduuuh bahasa saya kacau deh. Maaf y, semoga ngerti. hehe. Makasih y ibu-ibu yang itu, mungkin kalo saya g baca tulisan Ibu, saya belom sadar kalo iklan-iklan semacam ini ternyata membahayakan kehidupan sosial bangsa Indonesia juga.

God bless u and be blessing for many people!
Hormat saya,
Gabriel Latupeirissa

Komentar

abonk mengatakan…
setuju.......iklan pemutih kulit sama aja bilang klo org berkulit sawo matang macam gue itu jelek! padahal tuhan nyiptain manusia tuh ada kelebihan msg2 knp sih ga diterima aja? masalah tulisan gue yg gila semua emang gue sengaja gue pengen semua org yg baca tulisan gue ketawa dan bisa ngi;langin stresnyap
buffyy mengatakan…
iya bener, hehe.. gara2 iklan itu, banyak cewe yang sibuk mo mutihin kulit, iya kalo dasarnya dia punya kulit cerah, nah kalo dasarnya dia emang punya warna kulit yang agak gelap?? bisa jd stress sendiri kan? tp kadang pertanyaan ini juga bikin gw penasaran sama jawabannya : sebenernya co itu emang lebih suka sama cewe yang berkulit putih ya??"
hmmm... kapan2 gw bahas ini ah di blog gw, hehehe.. gpp kan??
kalo menurut gw, kulit bersih itu lebih penting.. ;)
Gabriel Latupeirissa mengatakan…
Dear Miss Buffy. menjawab pertanyaan Miss. Hehe. Iya sih kebanyakkan cowo di lingkungan saya lebih suka sama cewe yang putih, g tau deh di lingkungan lain apalagi yang negara yang jauh2 mungkin kebalikannya. Trus gpp banget topik ini diangkat di blog Miss, justru saya seneng semakin banyak yang bahas ini, semakin kuat juga suara kita, kali aja iklan ini bakal ditarik. Hehe.
Trus, untuk Mr Abonk dan Miss Buffy makasih udah comment di Blog saya. Hehe. Sukses!
rishena mengatakan…
g setuju bgt,,

kulit bersih itu emang harus,,tpi kulit putih?'ga jg d,,kulit hitam yg bersih dan terawat pun lbih baik dr kulit putih biasa aj,,lgpl knp sh prmasalahn kulit hitam putih di Indonesia di ributin,,itu kn ud anugrah,,mci mndg pny kulit brwarna,,coba klo dikci biru,,bsa2 dblg ga normal lg,,hehe
sharah mengatakan…
setuju.... yg ada anakku yg masih kecil bengong liat iklannya, trus nanya..aku putih gak bu????

hiks hiks...
rasanya pengen ku sambit tuh yang bikin konsep iklannya ;p
so shallow...
~ JNZ ~ mengatakan…
nice one dek!!!

sebagai pemilik kulit eksotis *ih ngaku2 hahaha* aku juga protes...
lucu yah iklan-iklan yang menjerumuskan itu...
pernah denger gak iklan radio salah satu merk skincare yang juga gencar pengen mutihin semua orang? nyanyi begini: "putih maaanis putih manis, yang putih manis..."
padahal lagu aslinya "hitam manis"... yang lagu item manis aja dibajak jadi putih manis, trus yang item sisa apa dong kalo dibilang minimal manis pun engga? hihihi...

padahal di US aja banyak bgt african-american yg kulitnya gelap tapi tetep aja kece yak... dsini rempong banget bikin beauty standard kulit putih....