DI UJUNG JURANG?

Beberapa minggu yang lalu tuh salah satu masa tergalau saya, karena udah masuk semester 7 dan belom dapet kantor buat magang. Lamar di perusahaan-perusahaan Branding Consulant yang punya nama, ngarep banget diterima di dua perusahaan yang saya jagoin, eh setelah kasih CV + Portfolio sama wawancara dua-duanya bilang "Maaf yah kita belom bisa kerjasama!". Hmmm ngenesss. Okay nganggur lagi. Abis itu besoknya wawancara lagi di perusahaan lainnya, dan Puji Tuhan Alhamdulile diterima.
Emang dasarnya lagi masa sensi kali yah, jadi digoda dikit bisa bikin badmood banget waktu itu. Jadi, saya curhat ke temen deket saya, kalo abis magang di sini saya mau coba apply di perusahaan yang saya jagoin itu LAGI. Trus dia becandain saya, "Sok paling jago desain lo Gar! Mimpi sih boleh, asal sadar diri kek! Blablablablabla". Pokoknya tajem banget deh, padahal itu becanda doang, tapi bener-bener bikin badmood, bikin mikir "Iya yah, gua kan biasa-biasa aja, nilai juga rata-rata cuma B, baru okay sih belom jadi yang outstanding, emang mimpi ketinggian, dan berbagai pemikiran litotes lainnya". Trus berapa hari itu, kayak yang cuma bisa bengong-bengong doang lho kayak manusia madesu (masa depan suram), dan jadi ilang hasrat buat maju.

Yang bikin saya sesensitif itu bukan cuma ini. Ada lagi perasaan gagal, ketika dipercaya jadi ketua satu proyek tapi belom ada realisasinya, ngerasa gagal koordinirin orang-orang, gagal mimpin, bahkan mikir gagal nggak bakal bisa mimpin, karena biasanya setiap sesuatu yang saya pegang, selalu hasilnya gagal dan mengecewakan, sampe mikir saya bawa sial. Haha. Dan ada juga hal lain yang bikin bener-bener, percuma hidup.

Ini nggak berlebihan kok, saya nggak bisa cerita detilnya, pokoknya dari kecil saya nunggu sesuatu dan kasih deadline sampe usia saya 21 tahun, ngarep sesuatu yang impossible, tapi saya tetep setia minta hal yang nggak akan mungkin terjadi itu. Bukan ngerasa dihukum Tuhan, tapi justru ngerasa saya tuh kayak wujud hukuman itu buat orang-orang di sekitar saya. Please jangan mikir berlebihan, beruntunglah Anda nggak pernah ngerasain hal ini. Hehe. Lalu, ternyata saya dapet jawaban "TIDAK!" dari Tuhan. Okay. :)

Dan masa-masa ini terjadi beberapa hari setelah saya nginjek usia 21 tahun itu. Dan beberapa hal buruk lainnya yang terjadi bertubi-tubi. Semua hal itu bikin saya "ngambek" sama Tuhan, "tuh kaaan bener Tuhaaan, semuanya lebih buruk, setelah 21 tahun". Bener-bener ngerasa useless dan berbagai perasaan bodoh lainnya.

Lalu beberapa hari kemudian, saya ngerasain bener penyertaan Tuhan, yang ketika saya berada di ujung jurang, cuma dua hal kemungkinan yang akan terjadi, kalau bukan Dia nangkep saya ketika jatoh, atau Dia akan ajarin saya untuk terbang. Dan WOW BANGET, saya dikasih dua-duanya...

Beberapa hari setelahnya tuh, pas lagi mau di jalan ke kampus, tiba-tiba pihak jurusan telepon saya "Hallo Gabriel, alalalalala lalalala (putus-putus jadi nggak gitu denger), Singapura. Kamu mau ikut?", gua kagak ngarti dah beliau ngomong apaan pokoknya ada kata-kata Singapura, trus ada kalimat ajakan, ya siapa yang bakal nolak siiih? langsung aja deh "MAUUUUU BUUUU". Trus yang bagian ini agak denger, "Iya jadi Binus kirim empat mahasiswa-nya, dan kamu terpilih jadi salah satunya, yang penting siapin Passport sendiri aja.", yang sepenangkapan saya, artinya semua-muanya ditanggung kampus. Dan BENER BANGET lho, semua-muanya ditanggung kampus, bahkan pas hari kita berangkat, nggak nyangka banget dikasih uang jajan pula. Pas ngurus perizinan buat kantor, surat dari kampus bahasanya berat banget "mahasiswa kami terpilih mewakili Indonesia blablablablabla". Yang artinya ada tanggungjawab lho di situ. Tunggu-tunggu nggak cuma sampe sini...

Pas udah sampe sana, seru banget lho, ketemu temen-temen baru dari Singapura, Thailand, sama Malaysia. Jadi ceritanya empat sekolah desain dari empat negara ini, mau ngakrabin diri, bikin yang namanya Neighbour Project, dan tahun ini adalah tahun pertama Indonesia ikutan. Dan saya dan temen-temen jadi delegasi pertama dari Indonesia untuk proyek ini. Wooow.

Delegasi Indonesia: Niscaya Puri (paling kiri), Gabriel Latupeirissa, Gisella Hartomo (paling kanan), dan Ritchie Permadi (yang fotoin), dijemput Obes Nalawangsa (kedua dari kiri) sekalian jemput George Rompies (tengah), yang ternyata satu pesawat.


Trus kan tiap negara kirim empat mahasiswa/i-nya, nah dibagi empat kelompok, tiap kelompok ada mahasiswa/i dari tiap negara kan jadinya. Dan berhubung tema acaranya adalah INGREDIENTS, kita sepanjang tiga hari itu disuruh makan-makan terus. Sumpah dimanja banget.



Lasalle College of The Arts Singapore: Masuk ruangan ini, VOILAAA makanan isinya!


Selesai pesta makan duduk bareng dosen-dosen Malaysia dan Indonesia (Bu Mita Purbasari - paling kanan).

Trus buat bagian dari brainstorming, kita ada game memasak gitu. Dikasih modal mie instan, mangkok, sumpit, sendok. Trus disuruh belanja di supermarket buat bikin satu masakan. Trus kita coba menggabungkan masakan-masakan tradisional kita berempat, dan tadaaaa jadilah Sate Mie Bumbu Tom Yam, Bihun Goreng, Laksa, Dibungkus Daun Pisang. Rasanya? Dosen bilang "kita bisa pergi ke toilet sekarang?" Hahahaha. Paling jijik sih rasanya, kalo dibanding kelompok lain. Hahaha.

Stick Noodle Stick oleh Christina (Singapore), Peng (Malaysia), Joon (Thailand), sama Gabriel (Indonesia). Abis nyobain, siap-siap diare. :p

Dan guess what, ternyata yang menang permainan itu justru kelompok saya. Hahaha. Berhubung kita bukan kuliah di jurusan kuliner, jadi rasa ya nggak dinilai, mungkin dari ide, dan penampilan packaging masakannya kali yang bikin menang.

Trus kan di hari terakhir, disuruh presentasi tentang apa aja yang dipelajarin. Trus kelompok saya agak-agak mikir jauh, kita justru dapet pelajaran bahwa masak sama ngedesain tuh prosesnya mirip-mirip, sama-sama jadi problem solver, harus tau resepnya, dan sajian akhirnya, gitu2 deh. Trus supaya semuanya bisa nangkep maksud kita, kita bikin drama kecil-kecilan di presentasi itu, ada orang yang pesen makanan di restaurant, tapi yang ngelayanin malah seorang Perancang Grafis. Dan presentasi akhir ini, kita yang paling banyak dapet pujian.

Sabar-sabar nggak cuma sampe sini, kejutan lainnya adalah proyek ini belom selesai. Belom jadi suatu outcome yang bisa dinikmatin masyarakat, jadiiiii kalau tidak ada aral merintang, kita berenambelas akan bikin pameran bulan maret 2012 di Bangkok Saudara/i sekalian. Wooooowww-nya tuh bener-bener ampun-ampunan yaaahhh! :D


See you guys in Bangkok, next year! :D

Pelajaran yang saya bisa ambil dari proses ini tuh, yang namanya Tuhan yah nggak peduli lho saya ini siapa, yang Ia peduliin tuh saya adalah anakNya, dan Dia nggak bakal biarin anakNya jatoh, dan bener-bener nyata banget Dia ngajarin saya untuk terbang lebih tinggi lagi. Terimakasiiiiihnya ampun-ampunan banget! Bener-bener I feel so blessed jadi anakNya. Aduuuh wooowww banget deeeh! :D

Eh, maaf ini nggak sengaja ke-upload! Maaf maaf maaf. :p

Komentar

Franty Ozora mengatakan…
Plok plok plok. Selamat ya Ger! xD God is good all the time :)